Saturday, May 12, 2012

Amethysts


Pengantar
Amethyst atau batu kecubung adalah batu permata sejenis kuarsa yang berwarna ungu. Nama "amethyst" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tidak mabuk." Oleh karena itu diyakini bahwa amethyst dapat  menangkal efek dari alkohol, tetapi kemungkinan besar orang-orang Yunani mengacu pada warnanya yang  hampir mirip anggur. Warna amethyst selalu ungu, dari unggu gelap sampai ungu terang dan dengan berbagai nuansa ungu. Warna Amethyst memang menakjubkan, dan ketertarikan banyak orang terhadap warna dan keindahannnya membuat amethyst lebih popular dibandingkan  semi precious stone lainnya

Amethyst dapat terjadi
dalam bentuk kristal prismatik panjang yang memiliki enam sisi piramida. Sebagai spesimen mineral, batu-batuan amethyst  sangat populer akan warna dan bentuk kristal yang bagus yang menghasilkan sebuah keindahan dan, cluster berkilauan.

Amethyst Batu yang paling berharga dalam kelompok kuarsa. Karena ungu dianggap warna kerajaan. Dalam sejarah,  amethyst merupakan lambang kekuasaan. Amethyst  ditampilkan di Crown Jewels Inggris dan juga menjadi favorit Catherine royalti dan Mesir. Amethyst juga merupakan batu favorit di peringkat tinggi dari gereja Kristen.

Amethyst dianggap obat penawar yang kuat terhadap kemabukan, yang mengapa gelas anggur sering diukir dari amethyst.
Amethyst juga menjadi simbol kemesraan, kedamaian, kebahagian, spiritual, dan kecerdasan . Selain itu, batu permata ini dipercayai bisa menyembuhkan imsonia, pening, serta mempunyai khasiat untuk mendapat kan simpati dari orang lain dan juga orang menjadi tidak ingin berbuat jahat kepada si pemakai batu tersebut.
Amethyst
juga dikatakan membantu untuk sakit kepala, pankreas dan sakit punggung
Adapun Kekuatan penyembuhan dari permata tetap menjadi isu kontroversial, namun disebutkan selama berabad-abad oleh para penyembuh, dukun ataupun tabib. faksi ataupun efek plasebo pada batu permata tidak bermasalah, bahkan itu  membantu. Pendekatan paling aman adalah dengan memakai batu permata adalah dengan kontak kulit ke bagian tubuh bermasalah..

Pencahayaan
Dalam cahaya buatan amethyst tidak menampilkan warna terbaik.Amethysts terlihat terbaik di siang hari, lebih tepatnya, terutama setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam, ketika cahaya yang lembut dan hangat.
Tips dalam membeli Amethyst atau batu kecubung
Amethyst yang baik adalah transparan, yang berarti, cahaya melewati batu tanpa hambatan. Kualitas terbaik  adalah "bersih", terlihat bebas dari inklusi. 

Namun, Amethyst tidak sama di mana-mana. Daerah yang berbeda dapat menghasilkan batu-batuan unik untuk bahwa wilayah tertentu atau bahkan untuk tambang tersebut. Para ahli sering dapat mengidentifikasi asal sumber tambang kecubung tertentu.Dan kunci untuk ini adalah spesimen warna, bentuk kristal, inklusi, asosiasi dan karakter formasi.

 

MemotongKarena variabilitas dari distribusi warna dalam kristal, amethyst sering potong bulat brilian untuk memaksimalkan warna. Pemotongan lainnya dapat digunakan ketika warna lebih baik didistribusikan. Amethyst tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk dikalibrasi, termasuk bentuk mewah banyak.
Amethyst Gemologi
Spesies: Quartz
Warna: Ungu, ungu, merah-ungu pucat
Komposisi kimia: SiO, silikon dioksida
Sistem kristal: (trigonal), prisma heksagonal
Kekerasan: 7 (skala Mohs)
Spesifik gravitasi: 2.65
Indeks bias: 1,544-1,553
Birefringence: 0,009
Optical karakter:
Warna beruntun: Putih
Penyerapan spektrum: 550-520
Fluoresensi: Lemah, kebiruan


No comments:

Post a Comment